Pemerintah Gratiskan Listrik Selama 3 Bulan

Juli 12, 2020

Bertemu lagi nih di blog kesayangan kalian semua,kali ini kita akan membahas tentang berita gembira baru-ini hehehe....Iyap Pemerintah menggratiskan listrik jadi selama beberapa bulan kita akan di subsidi pemerintah. Tapi menurut teman-teman apakah tepat keputusan pemerintah?Apakah tidak membuat negara menjadi terpuruk? 

Karena pemerintah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dong, dilansir dari kompas.com Sri Mulyani menyiapkan dana sebesar 3,5 Triliun, tentu bukan dana yang sedikit dong.

Apakah Negara Rugi?

Baca Juga :


Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengklaim, strategi pemerintah pusat untuk membebaskan tagihan listrik selama tiga bulan di kelompok pelanggan 450 VA dan 900 VA tidak akan membuat PT PLN (Persero) rugi. "PLN 
dijamin tidak rugi, hanya sedikit terjadi keterlambatan pembayaran. 

Kita juga bicara dan berkoordinasi dengan PLN dan Kemenkeu," ujar dia melalui video conference, Rabu (1/4/2020). 

Insentif tersebut sudah mulai bertahap dilakukan pada 1 April 2020 pada sekitar lebih dari 24 juta pelanggan, sebagai bantuan langsung untuk mengurangi beban masyarakat di tengah dampak virus corona. Meski sudah mengakui tidak akan rugi, ia mengakui akan ada beberapa masalah di dalam skema keuangan PLN.

Meskipun Kementrian menyatakan bahwa PLN tidak akan rugi namun pasti ada pengaruhnya contohnya adalah keterlambatan pembayaran dan lain-lain.
Pembebasan tarif listrik Rumah Tangga berdaya 450 VA diberikan kepada 24 juta pelanggan dengan rata-rata tagihan Rp40.000/bulan/pelanggan. Sedangkan bantuan pengurangan tagihan listrik Rp30.000 diskon 50 persen kepada 7 juta pelanggan 900 VA yang masuk ke golongan Rumah Tangga tak mampu.

Pemerintah akan terus mengevaluasi keputusan ini sembari mencari cara-cara lain untuk mengatasi dan membantu kesejahteraan masyarakat di masa pandemi seperti ini. Cara mendapatkan token gratis sangat mudah cukup dengan membuka website PLN.

Baik samapai disini dulu ya pembahsan kita kali ini semoga bermanfaat dan kita akan bertemu dipembahasan berikut nyaa.....SALAM










Artikel Terkait

Previous
Next Post »