Pemerintah Perpanjang Listrik Gratis Sampai September

Juli 12, 2020

Pemerintah Perpanjang Listrik Gratis Sampai September


Oke kita akan membahas tentang Pemerintah Perpanjang Listrik Gratis Sampai September
Pemerintah Jokowi-Ma'ruf kembali memperpanjang waktu pelonggaran pemberian listrik gratis untuk golongan 450 Volt Ampere (VA) dan diskon 50 persen untuk golongan 900 VA. Kebijakan ini dilakukan untuk meringankan beban masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19.
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pemerintah akan memperpanjang pemberian subsidi keduanya hingga mencapai 6 bulan ke depan atau sampai September 2020 mendatang. Sebelumnya, pemerintah hanya memberikan waktu tiga bulan terhitung sejak April - Juni saja.
Sri mulyani merincikan, pengguna listrik 450 VA akan diberikan kepada 24 juta rumah tangga. Sedangkan 900 VA diberikan kepada 7,2 juta rumah tangga. Adapun total anggaran keduanya menelan hingga mencapai Rp61,4 triliun
"Sebagian memang untuk subsidi listrik 450 VA dan 900 VA subsidi April sampai Juni diperpanjang sampai September," kata dia dalam video conference di Jakarta, Senin (18/5).
Tak hanya memperpanjang subsidi listrik, pemerintah juga memperpanjang program bantuan sosial (bansos) dalam bentuk sembako di Jabodetabek dan non Jabodetabek hingga akhir Desember 2020. Hal itu dilakukan dalam rangka menjaga daya beli masyarakat yang rendah akibat Covid-19.
Sri Mulyani bilang, program bansos pada masa penyebaran Corona sudah diimplementasikan oleh pemerintah, mulai dari program keluarga harapan hingga Kartu Pra Kerja.
"Bansos sembako Jabodetabek dan bansos tunai non-Jabodetabek diperpanjang menjadi sembilan bulan hingga Desember," kata Sri Mulyani
Seperti diketahui, tadinya kebijakan subsidi tarif listrik itu digulirkan pemerintah menyusul ditetapkannya status darurat kesehatan masyarakat covid- 19 serta pelaksanaan pembatasan sosial bersekala besar( PSBB).
Anggaran yang dikeluarkan pemerintah untuk subsidi listrik juga meningkat Rp6, 9 triliun jadi Rp61, 69 triliun.
Tidak hanya perpanjangan subsidi listrik, kebijakan lain yang diambil pemerintah buat melindungi mengkonsumsi merupakan menaikkan waktu pemberian bansos tunai( BLT) Dana Desa dari 3 bulan jadi 6 bulan, ialah sampai bulan September.Kendati demikian, nominal bantuan tambahan dipangkas oleh Pemerintah dari Rp600 ribu per bulan pada April hingga Juni, jadi Rp300 ribu pada Juli- September. 
Dilansir dari Merdeka.com dan CNN Indonesia ini dilakukan untuk mengurangi beban masyarakat di tengah kondisi sekarang ini yang serba kesulitan.
oke teman-teman sampai sini dulu ya, sampai jumpa ......SALAM

Artikel Terkait

Previous
Next Post »