Bantuan Sosial COVID 19 Seperti Teka Teki

Juli 12, 2020

Bantuan Sosial COVID 19 Seperti Teka Teki
Hai Teman-teman kembali lagi di blog yang akan membawa teman-teman membahas terkait masalah keuangan negara. Baca Selengkapnya di Blog Keuangan Negara Selamat membaca teman-teman.

Baik kali ini kita akan bahas tentang bantuan pemerintah kepada masyarakat yang terdampak pandemi covid 19. Namun yang perlu kita bahas adalah apakah bantuan sosial itu sudah tepat sasaran? kita akan bahas sedikit teman-teman.

Kebijakan pemerintah menerapkan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) di kota maupun daerah berimbas sangat besar. Banyak masyarakat yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK), tidak sedikit dari mereka juga yang tak bisa mencari nafkah atau berusaha karena kebijakan karantina tersebut.Mereka pun akan menghadapi masalah besar berupa kesulitan keuangan.

Baca Juga:


Pemerintah berinisiatif untuk memberikan bantuan sosial untuk masyarakat yang terdampak covid ini, namun masyarakat banyak yang belum mengetahuinya. Dilansir dari hitsgrid membahas tentang bagaimana caranya mendapatkan bantuan tersebut.

Adapun bantuan tersebut, ada yang terdiri atas paket sembako, bantuan sosial tunai, dan bantuan langsung tunai. Bantuan tersebut akan tersedia di seluruh wilayah Indonesia bagi warga yang terdampak pandemi Covid-19.
Bantuan Sosial Tunai Presiden Joko Widodo mengatakan, pemerintah akan memberikan bantuan tunai kepada warga yang ekonominya terdampak oleh pandemi virus corona ini.

Baca Juga : 


Adapun bantuan jenis ini ditujukan untuk 9 juta keluarga di luar wilayah Jabodetabek.Setiap keluarga akan memperoleh bantuan sosial tunai sebesar Rp 600.000 per bulan selama tiga bulan atau total Rp 1,8 juta. Total anggaran yang dialokasikan pemerintah untuk bantuan ini adalah sebesar Rp 16,2 triliun.

Jokowi menyebut bahwa bantuan sosial tunai ini akan diberikan kepada keluarga yang tidak mampu dan belum terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lainnya seperti Program Keluarga Harapan maupun Kartu Sembako.

Apakah kalian mengetahui tentang bantuan ini dan apakah sudah tepat sasaran???

Menurut saya pemerintah sangat tepat sekali mengambil keputusan ini namun perlu dikaji kembali tujuan dari bantuan sosial ini apakah sudah tepat sasaran. Bantuan seperti tentu sangat membantu masyarakat yang terdampak pandemi ini dan tentunya akan bermanfaat sekali


Adapun syarat-syarat mendapatkan bantuan ini akan kita bahas pada artikel selanjutnya,,sampai ketemu di artikel berikutnya ya...salam


Artikel Terkait

Previous
Next Post »