Kondisi Ekonomi Indonesia Saat ini

Juli 12, 2020

Kondisi Ekonomi Indonesia Saat ini
Kamar dagang dan industri( Kadin) Indonesia memperhitungkan saat ini ekonomi Indonesia masuk keadaan sangat berat. Perihal ini karena jumlah tenaga kerja yang dirumahkan serta di- PHK telah menggapai 6 juta lebih.

Menurut Kadin harus dicari pemecahan serta strategi supaya tekanan ekonomi tidak semakin berat. Apa yang terjalin serta gimana strategi yang diperlukan?

Pimpinan Universal Kadin Indonesia Rosan Roeslani memperhitungkan ekonomi Indonesia saat saat masuk dalam keadaan sangat berat. Keadaan yang sangat berat ini diperkuat dengan jumlah pekerja yang dirumahkan ataupun kena PHK menggapai jutaan orang.
" Jika dari Kemenkeu apabila yang dirumahkan telah lebih dari 5, 2 juta orang, ekonomi kita telah sangat berat. Bagi Kemenkeu pula perkembangan ekonomi kita minus 0,, 4%," kata Rosan dalam dialog virtual, Sabtu( 16/ 5/ 2020). 

Mengutip dari KOMPAS.com, berdasarkan analisa data yang dikeluarkan oleh The Singapore University of Technology and Design dengan menggunakan metode estimasi pandemi, Susceptible Infected Recovered (SIR) dengan Data Driven Estimation (DDE), maka diperkirakan puncak pandemi di Indonesia telah terjadi pada bulan 19 April 2020 yang lalu dan diperkirakan akan berakhir secara total pada akhir Juli 2020.

Baca Juga :

Pemerintah Gratiskan listrik Selama 3 Bulan

Data ini dikeluarkan per 5 Mei 2020 yang diambil berdasarkan data dari berbagai negara untuk memprediksi berakhirnya pandemi di dunia. Berdasarkan data tersebut, diperkirakan akhir Mei 2020 kebijakan PSBB dapat segera berakhir. Dengan demikian, awal Juni seluruh aktivitas dapat kembali berjalan dengan normal.

Bila prediksi yang ditujukan untuk pendidikan dan penelitian ini benar, maka pertumbuhan ekonomi Indonesia akan mencapai titik terendah pada kuartal kedua.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »