UMKM, Penting gak sih Buat Negara?

Juli 14, 2020

Assalmualaikum guys kali ini kita akan bahas tentang Peran UMKM untuk perekonomian Nasional. Apakah Peran UMKM penting nih Kita akan bahas di artikel kali ini.

Dikutip dari Medcom.id Kontribusi Usaha Mikro Kecil dan Menengah( UMKM) dalam perekonomian nasional tidak dapat dipandang sebelah mata. Lebih dari 90 persen tenaga kerja Indonesia bekerja pada zona UMKM.

Data Departemen Koperasi dan UMKM menampilkan kontribusi UMKM pada PDB 2017 mencapai 60, 34 persen. Sedangkan, bagi Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, pekerja pada sektor UMKM sebanyak 116 juta orang. Kontribusi ini masih bisa ditingkatkan.

UMKM teruji tahan banting mengalami krisis semacam yang sempat terjalin pada 2012 serta pelambatan perkembangan yang terjalin pada 2015. UMKM sukses jadi payung untuk Indonesia dalam mengalami badai ekonomi. Namun besarnya peran UMKM untuk perekonomian Indonesia tersebut tidak sejalan dengan kisah sukses UMKM. Sangat susah untuk UMKM di Indonesia buat naik kelas serta bisa bersaing pada tingkat yang lebih besar.


Bagaikan penggerak motor perekonomian nasional, UMKM di Indonesia nyatanya susah tumbuh. Terbatasnya akses pembiayaan serta pemasaran, dan tidak terintegrasinya rantai pasok ke sektor industri menimbulkan UMKM tidak kunjung naik kelas.

Tidak cuma itu, puluhan juta UMKM di dalam negara rupanya baru menyumbang kurang dari seperlima dari total nilai ekspor. Sementara itu di negara- negara maju, UMKM sanggup diandalkan bagaikan penopang aktivitas ekspor. 

Bagi Kementerian PPN/ Bappenas laju perkembangan ekonomi di Indonesia belum lama ini meningkat sebanyak 0, 05 persen. Salah satu penopang perkembangan ekonomi itu terlihat dari geliat aktivitas usaha kecil yang signifikan, baik di sektor tradisional ataupun modern lewat usaha mikro kecil serta menengah( UMKM). Usaha mandiri yang dijalankan oleh masyarakat menengah ke dasar ini mempunyai kedudukan strategis dalam menggerakkan roda perekonomian bangsa.

Baca Juga : Apa Itu Investasi?

Yang menjadikan keberadaan­ UMKM kokoh karena keberadaannya tersebar di seluruh pen­juru negara serta memahami dekat 99 persen kegiatan bisnis di Indonesia, dengan lebih dari 98 persen berstatus usaha mikro. Juga karena keunggulannya di sebagian aspek ialah keahlian fokus yang khusus, fleksibilitas nasional, bayaran rendah, serta kecepatan inovasi.

Bahkan pada dikala krisis global menyerang dunia, donasi UMKM dalam roda perekonomian Indonesia masih berdiri tegak. Seperti itu sebabnya kedudukan UMKM begitu besar dalam perkembangan ekonomi Indonesia, spesialnya donasi terhadap produk dalam negeri bruto. UMKM tampaknya memanglah hadapi kenaikan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, terlebih sokongan pemerintah melalui Departemen Koperasi serta UKM yang membagikan kesempatan untuk pebisnis kecil tumbuh.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »