Corona jadikan ekspor-impor terguncang

Juli 13, 2020

Corona jadikan ekspor-impor terguncang


Virus corona (COVID-19) beberapa bulan terakhir ini menjadi topik hangat yang selalu merajai dunia pemberitaan nasional maupun internasional. Tak hanya menyerang tubuh manusia, corona juga ikut menyerang hampir seluruh sektor kehidupan manusia. Sektor perekonomian pun tak luput dari serangan virus ganas ini. tak hanya sekor perekonomian nasional saja yang terguncang akibat virus ini melainkan perekonomian duniapun ikut merasakan guncangan akibat virus corona ini.
Perdagangan ekspor-impor china terutama pada komoditas buah-buahan dan hewan juga ikut tergunang akibar virus ini. menurut ketua Umum Asosiasi Eksportir Sayur dan Buah Indonesia (AESBI), Hasan Johny Widjaja, sejak ada kabar tentang virus corona, para pembeli di China langsung memberhentikn pembelian. Para eksportir buah yang paling ‘menangs’ adalah mereka yang melakukan pengiriman barang dengan skema  CNF (Cost andFreight /CFR) atau pembayaran yang dilakukan setelah barang tiba dipelabuhan tujuan ekspor.
Larangan impor ini diambil untuk mengantisipasi penyebaran virus corona . pasalnya, virus corona yang telah menewaskan banyak orang ini diduga penyebarannya tidak hanya melalui manusia saja melainkan juga melalui hewan. Karena hal itulah, pemerintah harus semakin waspada dalam memberikan kebijakan mengenai isu ini. semoga kejadian luar bias ini tidak berlangsung dalam waktu yang lama agar perekonomian nasional maupun internasional segera pulih dan bis berjalan seperti biasa.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »